Wednesday, October 26, 2011

BAB 2. KOMPUTER DAN APLIKASINYA (Part-3)

<--Materi sebelumnya...


F. APLIKASI KOMPUTER
Pemanfaatan komputer sangat luas sehingga hampir diseluruh bidang pekerjaan diperlukan adanya komputer. Di bawah ini beberapa diantaranya adalah :
• Keuangan
Proses pengelolaan keuangan menjadi sangat terbantu dengan adanya komputer. Perhitungan bunga tabungan, kredit dan proses ATM menggunakan komputer. Bahkan hampir disemua perusahaan mengunakan komputer untuk mencatat keuangannya.
• Industri
Keberadaan komputer tak terpisahkan dengan industri. Pabrikasi mobil, motor atau apapun menggunakan komputer untuk mengatur mesinmesin bekerja secara otomatis dan akurat.
• Medis
Dunia medis pun tak ketinggalan memanfaatkan komputer. Komputer digunakan misalnya untuk memonitoring keadaan pasien dan mencatat rekam medis pasien.
• Perdagangan
Dengan memanfaatkan komputer proses perdagangan bisa menjadi lebih cepat, efektif dan efisien. Kasir-kasir di swalayan, ecommerce, barang-barang yang menggunakan barcode merupakan contoh pemanfaatan komputer.
• Transportasi
Jadwal kedatangan dan keberangkatan pesawat, kapal, kereta diatur dengan menggunakan komputer yang terhubung via internet. Pemesanan dan pembelian tiket juga dapat dilakukan via internet.
• Komunikasi
 Komunikasi data menjadi mudah dengan adanya teknologi jaringan baik bersifat lokal (LAN) ataupun internasional (Internet). Pilihan komunikasi menjadi sangat beragam. Komunikasi konvensional mulai ditinggalkan dan diganti dengan komunikasi modern. Surat berganti dengan email, telepon mendapat saingan dari chatting, video chatting, video conference, bahkan telepon IP.
• Masih banyak lagi bidang lainnya, misalnya entertaiment, grafis, pertambangan dan lain-lain.


Soal
1. Tuliskan 5 alasan komputer mendapat perhatian besar di dunia !
2. Tuliskan 5 contoh penerapan komputer di bidang pendidikan !
3. Apa hubungan revolusi industri dengan komputer ?
4. Tuliskan 5 contoh revolusi industri !
5. Tuliskan 3 contoh revolusi industri yang berhubungan dengan komputer !

No comments:

Post a Comment