Wednesday, October 26, 2011

BAB 2. KOMPUTER DAN APLIKASINYA (Part-2)

<--Materi sebelumnya...



D. TEKNOLOGI INFORMASI
          Teknologi Informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi yang membawa data, suara ataupun video (Williams dan Sawyer (2003)).
Teknologi Informasi menurut Merriam-Webster Dictionary adalah teknologi yang melibatkan pengembangan, pemeliharaan dan menggunakan sistem komputer, software dan jaringan untuk memproses dan mendistribusikan data.
          Secara umum berdasarkan definisi keduanya, komputer dan teknologi informasi tidak dapat dipisahkan satu sama lain, bahkan dalam beberapa kasus dapat saling dipertukarkan artinya.

E. MENGAPA KOMPUTER
          Pada awalnya komputer merupakan proyek dari pemerintah tetapi dalam perkembanganya karena komputer memerlukan teknologi tinggi dan terus diperbaharui maka pihak akademisi pun ikut memainkan peran penting. Komputer kemudian bukan hanya menjadi sebuah alat tetapi juga menjadi ilmu yang dipelajari diberbagai institusi diseluruh penjuru dunia.
Ada beberapa alasan mengapa ilmu tentang komputer perlu dipelajari :
• Komputer sudah merambah hampir diseluruh lapisan dunia kerja bahkan masyarakat biasa
• Komputer membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan produktif
• Komputer membuat kita terhubung dengan dunia luar
• Komputer merupakan lahan pekerjaan, dan lain-lain.

Mengapa komputer begitu cepat merambah dalam masyarakat terutama dalam dunia kerja sehingga hampir tidak ada kantor yang tidak ada komputernya?
Ada beberapa alasan mengapa komputer digunakan, yaitu :
• Kecepatan
Kecepatan komputer dalam hal kalkulasi dan pengolahan data membuat banyak pekerjaan dapat selesai lebih cepat juga, misalnya : perhitungan bunga bank, antrian di kasir, perhitungan pajak dan lain-lain.
• Keakuratan
Kemungkinan kesalahan yang dilakukan oleh komputer mendekati 0%. Kalaupun terjadi kesalahan itu biasanya disebabkan karna human error / kesalahan pengoperasian atau kesalahan program yang dijalankan. Dengan demikian bila segala sesuatu dijalankan sesuai dengan prosedur yang benar maka komputer menjadi sangat akurat.
• Ketahanan
Sebagaimana mesin-mesin lainnya, komputer umumnya dapat bekerja 24 jam sehari dengan tidak mempengaruhi tingkat keakuratannya dan pada komputer dengan spesifikasi yang bagus kecepatannya juga tidak akan berkurang walau dijalankan berhari-hari.
• Kemampuan Penyimpanan
Dimulai dari loom cards, media penyimpanan di komputer telah mengalami revolusinya sendiri hingga mampu memiliki kapasitas penyimpanan hingga Terabyte. Komputer di pasaran di pertengahan tahun 2009 pada umumnya dijual dengan kapasitas hard disk > 200Gb.
• MultiTasking/Melakukan beberapa pekerjaan sekaligus
Dengan komputer kita dapat melakukan beberapa pekerjaan sekaligus, misalnya : mencetak laporan ke printer sambil mem’bakar’ datanya ke CD dengan diiringi musik.
• Kemampuan Multimedia (Hiburan)
Komputer masa kini dapat dilengkapi dengan berbagai alat multimedia yang dapat memberikan hiburan, misalnya : Speaker, TV Tunner, Mic, DVDRom, dan lain-lain. Adanya perlengkapan ini membuat komputer tidak hanya dapat digunakan untuk bekerja tetapi juga menjadi alat hiburan yang lengkap dan canggih.


No comments:

Post a Comment